Friday, October 17, 2014

Something about jaringan komputer

ga ada salahnya kalo punya ilmu di share ^.^


Jika kalian telah mempelajari jaringan komputer, ada hal-hal yang harus dipahami yaitu

A) Handshaking
Merupakan proses yang mengatur aliran data antara 2 device secara otomatis dengan menentukan parameter-parameter (signal) komunikasi di antara dua entiti sebelum komunikasi data dimulai. Handshaking terjadi setelah adanya koneksi fisik sebelum adanya transfer informasi secara normal.

B) Stop and Wait Algorithm
salah satu bentuk paling sederhana dari kontrol aliran. Dalam Stop dan Wait, penerima mengirimkan kembali sebuah frame pengakuan setelah berhasil menerima setiap frame data, pengirim tidak dapat melanjutkan ke frame data berikutnya sampai setelah menerima pengakuan. Sebagai konsekuensinya, biasanya satu bingkai tidak diakui pada waktu tertentu, sehingga pemanfaatan link dapat agak rendah.
dalam jaringan komputer, aliran teknik kontrol memastikan bahwa pengirim tidak banjir penerima dengan mengirimkan data pada tingkat yang lebih tinggi daripada penerima dapat proses.
C) Acknowledgment
acknowledge (pengenalan) merupakan jawaban kembali atas reply sebelumnya. Terjadi setelah device handshaking, device saling mengenali satu sama lain dengan parameter-parameter tertentu.

2      Antara circuit Switching dan Packet Switching

Packet Switching adalah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet, Packet switching, pengiriman data berdasarakan paket / data yang dikelompokan. Dalam packet switching seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket data tersebut. Contohnya adalah Protokol TCP/IP dan GPRS.
Paket switching terbagi menjadi 2 lagi, yaitu
a.       virtual circuit yang proses pengirimannya seperti circuit switching
Tiga fase yang terdapat dalam jalur virtual, yaitu;

  1. circuit establishment
  2. data transfer
  3. circuit termination
b. datagram.
Circuit Switching digunakan untuk menghubungkan pasangan terminal degnan cara menyediakan sirkuit atau kanal yang tersendiri dan terus menerus selama hubungan berlangsung. Jaringan circuit switching, kinerjanya tergantiung pada loss bukan pada delay (tetapi pada digital switching juga menimbulkan delay).
Jaringan circuit switching digunakan untuk hubungan yang bersifat :
  • Real time-spech (ex : telpon)
  • Real time-data very high bit transmitted
Contoh circuit switching:
  • Jaringan Telepon
  • ISDN (Integrated Services Digital Networks)

  Karakteristik untuk Multiplexing dalam Frequency-Division Multiplexing (FDM)

Gabungan banyak kanal input menjadi sebuah kanal output berdasarkan frekuensi.
Menggunakan guardbands.
Total bandwith dari keseluruhan kanal dibagi menjadi sub-sub kanal oleh frekuensi.
Contohya, Sistem siaran televise, CATV,AMPS analog.

Dalam sistem FDM, bidang frekuensi saluran dibagi menjadi bidang bidang frekuensi yang sempit, dimana bidang sempit, masing - masing menghasilkan satu kanal . Penguat ulang (repeater) dalam sistem ini terdiri dari pengeras (amplifier) dan penyama rata (equalizer), yang masing masing mengkompensir redaman oleh saluran dan kecacatan redaman. Pada sistem FDM, terdiri dari dua peralatan terminal dan penguat ulang saluran transmisi (repeater transmission line).

FDM bisa dipergunakan bersama-sama dengan sinyal-sinyal analog. Sejumlah sinyal secara simultan dibawa menuju media yang sama dengan cara mengalokasikan band frekuensi yang berlainan ke masing-masing sinyal. Diperlukan peralatan modulasi untuk memindahkan setiap sinyal ke band frekuensi yang diperlukan, sedangkan peralatanmultiplexing diperlukan untuk mengkombinasikan sinyal-sinyal yang dimodulasikan. Contoh pada radio dan televisi.
Pada peralatan terminal (terminal equipment). Peralatan terminal terdiri dari bagian kirim yang mengirimkan frekuensi pembicaraan majemuk ke penguat ulang transmisi saluran dan bagian penerima yang menerima arus tersebut dan mengubah kembali menjadi arus pembicaraan seperti semula.




4    Kebutuhan akan Pembangunan Jaringan Komputer

a)        Server(yang melayani)
b)        Workstation/client(yang dilayani)
c)         LAN Card/NIC()
d)        Konektor
e)        Media transfer (wire/wireless)
f)         Hub, switch
g)        router



5.    Protokol  pada lapisan Aplikasi

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
Merupakan suatu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email di Internet. Protokol ini gunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Beberapa di perlukan setingan jika menggunakan SMTP.
FTP ( File Transfer Protocol )
Merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan User name dan paswordnya yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguana terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses ,men-dawnload ,dan meng- updlot berkas- berkas yang ia kehenaki. Umumnya, para pengguna daftar memiliki akses penuh terdapat berapa direkotri , sehingga mereka dapat berkas , memuat dikotri dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login,yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous & password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.
FTP sebenarnya cara yang tidak aman untuk mentransfer file karena file tersebut ditransfesfer tanpa melalui enkripsi terlebih dahulu tapi melalui clear text. Metode text yang dipakai transfer data adalah format ASCII atau format binary. Secara Default, FTP menggunakan metode ASCII untuk transfer data. Karena Pengirimannya tanpa enkripsi.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Merupakan suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.
Contohnya bila kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser maka web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada kita.
HTTPS https adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.
Selain menggunakan komunikasi plain text.  Pada umumnya port HTTPS adalah 443.
Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.
Domain Name System (DNS)
Merupakan system distribusi database yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:
1. Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
2. Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.
3. Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet.
Struktur DNS Domain Name Space merupakan sebuah hirarki pengelompokan domain berdasarkan nama, yang terbagi menjadi beberapa bagian di antaranya:
·         Root-Level Domains Domain ditentukan berdasarkan tingkatan kemampuan yang ada di struktur hirarki yang disebut dengan level. Level paling atas di hirarki disebut dengan root domain. Root domain di ekspresikan berdasarkan periode dimana lambang untuk root domain adalah (“.”).
·         Top-Level Domains Pada bagian dibawah ini adalah contoh dari top-level domains:
a) .com Organisasi Komersial
b) .edu Institusi pendidikan atau universitas
c) .org Organisasi non-profit
·         Top-level domains dapat berisi second-level domains dan hosts.
Second-Level Domains Second-level domains dapat berisi host dan domain lain, yang disebut dengan subdomain. Untuk contoh: Domain Bujangan, bujangan.com terdapat komputer (host) seperti server1.bujangan.com dan subdomain training.bujangan.com. Subdomain training.bujangan.com juga terdapat komputer (host) seperti client1.training.bujangan.com.
Host Names Domain name yang digunakan dengan host name akan menciptakan fully qualified domain name (FQDN) untuk setiap komputer. Sebagai contoh, jika terdapat fileserver1.detik.com, dimana fileserver1 adalah host name dan detik.com adalah domain name.
Telnet (Telecommunication network)
Merupakan sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.
SNMP
Protocol yang dipakai dalam sebuah sistem manajemen jaringan.
Fungsinya adalah supaya informasi yang dibutuhkan untuk manajemen jaringan bisa dikirim menggunakan TCP/IP

6 2 jenis koneksitas pada jaringan

Peer to peer
Komputer yang terhubung dengan komputer lain, setiap komputer bisa menjadi server(yang melayani) atau client(yang dilayani). Sehingga memungkinkan setiap computer mengambil atau mentransfer data ke komputer lainnya.
Client-Server
Komputer yang terhubung dengan komputer lain, dimana hanya ada satu computer server dan selebihnya sebagai client. Sehingga  computer client bertugas melayani computer lainnya yang bertindak sebagai client.



7.      Mengapa WAN merupakan keterhubungan tidak langsung?

WAN disebut keterhubungan tidak langsung karena secara tidak langsung WAN adalah internet. Komputer akan berkomunikasi dengan komputer lainnya menggunakan jaringan internet, dengan begitu dapat dikatakan bahwa mereka terhubung secara tidak langsung.



a) Token(Pemodelan/Topologi) berisi informasi yang berasal dari komputer sumber

b)Token Ring
Topologi ring menghubungkan host dengan host lainnya membentuk lingkaran tertutup(loop), cara akses jaringan berbasis teknologi ring, dimana data akan dilewatkan dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain secara berurutan.
 

No comments:

Post a Comment