Sunday, July 13, 2014

Software && Hardware

instal netbeans dengan file.sh
Apa itu Software dan  NetBeans?


Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.

Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah

NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama.
Saat ini terdapat dua produk : NetBeans IDE dan NetBeans Platform.
The NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan - sebuah kakas untuk pemrogram menulis, mengompilasi, mencari kesalahan dan menyebarkan program. Netbeans IDE ditulis dalam Java - namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan.
Tersedia juga NetBeans Platform; sebuah fondasi yang modular dan dapat diperluas yang dapat digunakan sebagai perangkat lunak dasar untuk membuat aplikasi desktop yang besar. Mitra ISV menyediakan plug-in bernilai tambah yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam Platform dan dapat juga digunakan untuk membuat kakas dan solusi sendiri.
Kedua produk adalah kode terbuka (open source) dan bebas (free) untuk penggunaan komersial dan non komersial. Kode sumber tersedia untuk guna ulang dengan lisensi Common Development and Distribution License (CDDL).

Apa itu netbeans.org?
netbeans.org adalah wadah dari komunitas kode terbuka NetBeans yang didedikasikan untuk membangun sebuah IDE kelas dunia. netbeans.org memungkinkan pengguna di lebih dari 160 negara dunia terhubungkan ke sumber daya dan orang di seputar NetBeans. Di sini, Anda dapat mengunduh versi terakhir NetBeans, melihat dokumentasi pendukung secara online, membangun pengetahuan Anda tentang Java, memantau berita, bergabung dengan sebuah mailing list, menyumbangkan koce, belajar tentang orang-orang yang terlibat dengan proyek, melakukan kontak, dan banyak lagi Bergabung dengan Komunitas NetBeans
Menjadi bagian dari tim NetBeans dan membantu membuat NetBeans jadi lebih baik. Dengan mendaftar Anda akan secara langsung menyumbang kesuksesan NetBeas dan imbalannya Anda akan selalu mendafat informasi terkini seputar proyek NetBeans. Gunakan kotak pendaftaran pada pojok kanan atas halaman ini - pilih sebuah nama pengguna dan bergabung!.
Tetap Mendapatkan Informasi
NetBeans menawarkan beberapa mailing list untuk mengakomodasi berbagai macam ketertarikan atau kepentingan dan memfasilitasi komunikasi antar pengguna NetBeans. Lihat daftar mailing list NetBeans dihttp://www.netbeans.org/community/lists/index.html untuk mengetahui lebih lanjut mailing list NetBeans.

lama lama nyari cara nginstall netbeans di ubuntu, banyak cara yang bisa digunakan
salah satunya yaitu dengan
1.menyalin file.sh tersebut ke desktop


2.klik kanan pada file tersebut dan pilih pilih properties(paling bawah)

3.pilih permissions lalu centang execute agar file diijinkan dieksekusi sebagai program


4.lalu pilih close atau pilih tombol x di sudut kiri atas

5.selanjutnya double klik file.sh tersebut hingga tampilan seperti ini dan pilih run


6.setelah beres di run maka tampil netbeans yang kan di install


tapi jika tampilan ke 5 tidak muncul maka kita gunakan terminal dengan cara ketikkan  -->    sudo ./netbeans-8.0-linux.sh

akan me-run dan muncul tampilan netbenas seperti no 6.. selanjutnya next next next


jika masih bingung bisa juga liat tutorial install netbeans di ubuntu di bawah ini


Apa Itu Hardware ?

perangkat keras atau Hardware adalah merupakan komponen-komponen atau semua bagian-bagian berbentuk fisik yang ada pada komputer. Komponen-komponen perangkat keras tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa tipe (module) sesuai dengan sistem pengoperasiannya. Perangkat keras atau hardware tersebut terbagi atas beberapa jenis bagian, diantaranya:

Process device (komponen yang melakukan pemrosesan)
Process device dapat diartikan sebagai unit-unit komponen pemrosesan yang digunakan untuk memproses data-data. Contoh dari process device adalah prosesor, mainboard dan lain sebagainya.

   Processor disebut juga otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang processor1ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
Aritcmatics Logical Unit (ALU)
Control Unit (CU)
Memory Unit (MU)


Storage device (komponen penyimpanan)
Storage atau media penyimpanan merupakan komponen-komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data-data. Contoh dari storage device misalnya adalah harddisk, flashdisk dan lainnya.

teknologi harddisk & flashdisk terbaru







selamat bereksperimen && mencoba :-)


No comments:

Post a Comment